kolong's diary

Alfamart Official Partner Merchandise Fifa Piala Dunia Brazil 2014

Bisnis Toko Online dan Cara Memulainya

Tumbuh pesatnya perkembangan internet di dunia dan Indonesia pada khususnya membawa perilaku baru bagi konsumen. Di Amerika dan Eropa orang berbelanja melalui internet sudah sangat populer, meskipun ini bukan berarti kemudian mereka meninggalkan cara-cara konvensional dengan berbelanja langsung ke toko atau mall.

Belanja di elevenia gratis voucher 1 juta

Sejak awal tahun 2000-an perkembangan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Sampai tahun 2013 diperkirakan 60 juta orang sudah memiliki koneksi sendiri dan akan terus berkembang mengingat populasi penduduk yang mencapai 240 juta. Perkembangan bisnis online di Indonesia bisa dibilang cukup lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan pengguna internet. Padahal jika dilihat dari jumlah penduduk dan pertumbuhan pengguna internet, ini adalah pasar yang sangat besar dan menjanjikan.

 

Jual beli online di Indonesia pada awalnya melalui forum-forum sebagai contohnya adalah kaskus. Kemudian sedikit meningkat dengan memakai media sendiri dengan membuat pages di facebook untuk menawarkan barang dagangannya.

 

Para pemodal besar ternyata juga melihat peluang ini, seperti contoh adalah lazada.co.id dan zalora.co.id yang gencar mempromosikan website toko online mereka di media televisi maupun di portal-portal berita terkenal. Standard tertinggi bisnis jual beli online adalah dengan menggunakan website, karena ini bisa dibaratkan sebagai toko anda di dunia maya. Anda bisa memberikan informasi yang lengkap mengenai produk yang dijual sehingga lebih menarik bagi pembeli.
 
Tidak sulit untuk membuat toko online seperti para pemilik modal besar meskipun produk yang anda jual tidak sebanyak mereka. Menjual satu kategori produk tertentu juga bisa membawa keuntungan yang besar jika anda garap dengan serius. Setelah penjualan dan penghasilan baik baru kemudian bisa dikembangkan sesuai kemampuan dan sumber daya yang ada. Berikut adalah tips-tips membuat dan membangun toko online.
1. Penentuan Produk
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memilik produk apa yang akan anda jual. Pertimbangan pemilihan produk ini bisa didasarkan pada:
  • Anda membuat produk itu sendiri atau mengambil barang dari suplier produk tertentu.
  • Ingin memasarkan produk dengan harga murah, sedang, berkelas atau ketiganya.
  • Mengetahui segmen pasar yang anda bidik yang bisa diklasifikasikan berdasar gender, usia, dst.
2. Website atau Blog Toko Online
Jika tidak mau repot membuatnya,  anda bisa mengeluarkan sedikit uang untuk pembuatan website yang khusus untuk tampilan toko online. Bagi anda yang mau lebih irit, anda bisa membuatnya sendiri dengan blog gratis seperti blogspot. Bagi yang belum bisa membuatnya bisa membaca tutorialnya di cara membuat blog di blogspot. Untuk dipakai secara personal blogspot sudah cukup bagus dan mudah untuk digunakan. Tampilan juga bisa disesuaikan dengan mengganti templatenya yang di design untuk toko online. Template toko online untuk blogspot bisa anda dapatkan secara gratis di web-web penyedia template seperti contoh di  http://mas-template.blogspot.com/. 
 
Hal-hal yang sangat penting bagi website toko online anda.
  • Template atau Tampilan: Gunakan template yang memang di design khusus untuk toko online, terlihat profesinal dan bonafit.
  • Domain: Gunakan top level domain (.co.id .com)
  • Navigasi: Pasanglah navigasi yang mudah bagi pengunjung website sehingga dengan mudah dapat menjelajahi produk-produk yang anda tawarkan. Pengaturan navigasi bisa didasarkan pada harga, jenis produk, merk produk dst. Referensi bisa anda lihat di website toko online besar.
  • Informasi produk: Beri informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk yang anda jual meliputi review singkat, harga, gambar lebih dari satu, spesifikasi (jika diperlukan)
  • Contact: Ini sangat penting, karena dengan memberi kontak yang jelas membuat pengunjung lebih percaya kepada toko anda. Informasi kontak usahakan selengkap-lengkapnya meliputi, nama, alamat, no handphone, pin bb, dst.
  • Cara pembayaran: Cara pembayaran toko online personal biasanya melalui transfer bank. Pembeli melakukan pembayaran atas produk tertentu terlebih dulu kemudian melakukan sms kepada penjual untuk konfirmasi. Penjual mengecek dana masuk dan kemudian mengirimkan barang yang dibeli melalui jasa pengiriman barang.
  • Customer Service: Biasanya menggunakan yahoo messenger untuk melakukan komunikasi antara pihak toko online dan pembeli. Beri keterangan yang jelas, misalnya CS online pada jam 9 pagi - 9 malam. Ketika jam yang ditentukan tersebut, CS juga harus benar-benar stand by dan merespon cepat kontak dari pembeli. Dengan layanan yang baik maka kepercayaan konsumen juga akan baik dan ini sebenarnya adalah marketing yang baik karena secara alami akan menyebar ke orang-orang di sekitar konsumen anda.
3. Marketing
Untuk mendapatkan banyak penjualan tentunya diperlukan strategi marketing yang baik. Logikanya semakin banyak orang yang berkunjung ke website toko online anda maka jumlah pembelinya juga akan semakin besar. Memasarkan website bisa kita lakukan sendiri ataupun membayar jasa kepada orang lain. Cara-cara yang bisa kita lakukan adalah.
  • Promosi di sosial media adalah salah satu cara yang murah yaitu melalui twitter dan pages di facebook. Supaya apa yang anda promosikan tersebar secara efektif tentunya twitter anda harus punya banyak follower dan pages facebook anda banyak yang nge-like.
  • Iklan melalui media cetak maupun online. Untuk media online bisa beriklan di blog yang ramai pengunjungnya, pilih blog atau website tempat beriklan yang pengunjungnya sesuai dengan pasar yang anda target. Anda juga bisa beriklan melalui jasa advertising seperti adword, facebook ads, adplus.co.id, adstars.co.id, sitti dan lain sebagainya.
  • SEO (Search Engine Optimization), Promosi dengan teknik ini adalah mendapatkan pengunjung dari search engine seperti google dan yahoo. Anda mengoptimalkan kata kunci tertentu misalnya "jual pakaian pria murah" atau keyword yang lain sesuia produk yang anda perdagangkan. Teknik SEO sangat efektif karena jika pengunjung yang datang ke website berdasarkan kata kunci yang anda optimasi maka porsentase untuk membeli sangat besar.
Kursus Online - Belanja di elevenia
sumber : http://www.bolaria.net/2013/04/bisnis-toko-online.html
http://masihakudisini.blogspot.com/2013/03/konsumen-cerdas-paham-perlindungan.html
http://masihakudisini.blogspot.com/2013/06/cari-uang-lewat-ekioskucom.html
http://audiomobil.eu5.org/Kursus-Online-Bersertifikat-Di-Indonesia.html
http://susahtidur.blog.com/2015/07/03/bisnis-toko-online-rumahan/